.

.

Internet Protocol Television [ IP TV ]

Posted by swilsarblog Monday, August 10, 2009


Untuk pertama kali di dunia, Komisi Telekomunikasi Korea Selatan merencanakan memperkenalkan TV protokol internet Mobile dengan sistem wiBRO di Konferensi Tingkat Tinggi Khusus antara Korea Selatan – ASEAN pada bulan Juni di Pulau Jeju, Korea.
Kegiatan tersebut diharapkan akan menjadi kesempatan baik untuk membuktikan keunggulan Teknologi Informasi, IT Korea bukan hanya untuk peserta KTT termasuk 10 pemimpin negara ASEAN tetapi juga kepada seluruh masyarakat internasional.




IP TV

Istilah IP TV adalah singkatan dari Internet Protocol Television atau televisi protokol internet. IP TV dapat melayani siaran televisi dua arah, melalui jaringan internet kecepatan tinggi, tanpa menggunakan frekuwesi siaran. TV Internet sebelumnya, dapat dikatakan sebagai suatu proses integrasi antara internet dengan komputer, untuk menangkap siaran televisi melalui layar komputer. Sedangkan, IP TV adalah suatu tipe konvergensi transmissi digital yaitu perpaduan antara telekomunikasi dengan televisi. Pemirsa IP TV dapat mengontrol saluran televisi lewat pesawat televisi, bukan layar komputer, seperti halnya zaman televisi analog, atas bantuan set-top-box. Pemirsa IP TV dapat memilih sejumlah besar siaran, baik siaran langsung maupun siaran ulang dengan konten yang beranekaragam, dan dua arah, tanpa gangguan apapun. Sebagai contoh, seseorang dapat mengakses IP TV untuk mengetahui identitas pemain sepak bola tertentu, ketika dia menonton pertandingan sepak bola atau dalam waktu bersamaan, dia dapat berbelanja lewat IP TV. Ditambah lagi, pemirsa IP TV dapat menikmati imaji definisi tinggi dan suara bermutu baik, atas bantuan sistem digitalisasi.

IP TV Mobile

IP TV mobile adalah penggabungan antara mobile dengan TV protokol internet. Dengan kata lain, IP TV dilengkapi kemampuan mobile melalui jaringan internet. Pada prinsipnya, apabila tersedia jaringan internet kecepatan tinggi, IP TV dapat dijalankan. Tetapi, sulit mewujudkan kenyataan itu. Kemampuan dan keunggulan teknologi informasi, TI Korea Selatan yang menempati peringkat teratas di seluruh dunia, baru mewujudkan prinsip itu. Inti sari teknologi itu adalah wiBRO. Singkatnya, apabila IP TV dipasangi wiBRO, maka menjadi TV protokol internet Mobile.

wiBRO

Nama lengkap wiBRO, adalah Wireless Broadband Internet yang dapat diakses pada jaringan internet kecepatan tinggi dalam kondisi bergerak. Pada semester pertama tahun 2006 lalu, perusahaan Korea KT dan K Telecom, untuk pertama kali di seluruh dunia, berhasil mengembangkan wiBRO secara komersial. Dalam pergerakan dengan kecepatan 100 kilometer per jam, pengguna dapat melakukan web surfing pada internet. Kecepatan tinggi wiBRO memberikan kenikmatan untuk menonton film yang berkapasitas tinggi tanpa putus. Teknologi wiBRO kini mendapat sambutan baik sebagai teknologi canggih, bukan hanya dari segi keunggulan mobile, kecepatan maupun segi ekonomis. Keberadaan wiBRO dapat mewujudkan IP TV Mobile.

Memperkenalkan IP TV Mobile

Konferensi Tingkat Tinggi Khusus Korea Selatan – ASEAN akan berlangsung pada bulan Juni di Pulau Jeju, dengan dihadiri sekitar 3 ribu orang peserta termasuk 10 orang pemimpin negara dari ASEAN. Pengenalan IP TV Mobile dalam acara tersebut, merupakan suatu kesempatan baik untuk mempromosikan keunggulan wiBRO dan IP TV Korea Selatan. Dengan tujuan itu, Komisi Telekomunikasi Korea Selatan akan membangun pusat wiBRO mobile dan sistem transmisi penyiaran di zona pariwisata Jungmun, kota Seoguipo, tempat penyelenggaraan KTT Khusus Korea Selatan – ASEAN untuk menyelenggarakan siaran langsung lewat terminal wiBRO. Pembangunan pusat tersebut merupakan sentuhan terakhir dalam proses pengembangan teknologi IP TV berdasarkan jaringan wiBRO. 10 pemimpin negara ASEAN akan pasti mengagumi kemampuan Teknologi Informasi, TI Korea Selatan.
sumber: KBS WORLD Radio



Related Post About This Category :


0 comments

Post a Comment