.

.

Virtual Host Apache2 di Karmic

Posted by swilsarblog Tuesday, November 24, 2009

Entah karena Karmic memiliki bug ataukah apache2 di Karmic yang bermasalah, yang jelas ketika saya menggunakan cara yang sudah-sudah, ip based virtualhost, untuk membuat virtual host di apache2 keluar pesan error “can’t resolve host name” atau semacamnya.

Karena saya sangat suka Ubuntu 9.10 ini, meskipun ada beberapa hal yang menjengkelkan (keyboard dan pad laptop, kadang tidak terdeteksi – gara-gara grub2), maka saya googling dan membaca lagi dokumentasi apache2 dan …. ketemu solusi yang bisa dicoba.

Di folder /etc/apache2/sites-available ada file konfigurasi default virtual hosts yang juga ip based, tapi menggunakan wildcard dan port 80.
Isi file tersebut, saya kutip di bagian yang saya gunakan:


ServerAdmin webmaster@localhost

DocumentRoot /var/www

Options FollowSymLinks
AllowOverride None


Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
AllowOverride None
Order allow,deny
allow from all

Saya adaptasi ke konfigurasi yang lama, menjadi seperti ini:


ServerName linuxindo.web.id
DocumentRoot /home/amrinz/Website/linuxindo.web.id

AllowOverride All
Options All

Oya, konfigurasi ip di /etc/hosts tetap, seperti ini:

127.0.1.2 linuxindo.web.id

Untuk mencoba, ayo restart apache2 anda

sudo /etc/init.d/apache2 restart

Konfigurasi ini bisa digunakan untuk beberapa domain, jika anda konek ke internet dan ingin mengakses domain sebenarnya, anda harus mematikan service apache2 anda.

sudo /etc/init.d/apache2 stop



Related Post About This Category :


0 comments

Post a Comment